Kelebihan Dan Kekurangan Marmer Rupanya Ini - Pabrik Marmer, Distributor Marmer, Proses Penambangan Marmer, Cara Pasang Marmer, Merawat Marmer

Wednesday, 5 July 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Marmer Rupanya Ini

Kelebihan dan kekurangan marmer akan dibahas dalam artikel berikut ini sebab penting bagi kita yang ingin membangun rumah dengan marmer sebagai salah satu material untuk lantai maupun dindingnya. Marmer memang diakui sebagai material yang kelihatan mewah serta menawan ketika menghiasi bagian ruangan rumah. Desainnya sendiri bermacam-macam dengan berbagai corak serta garis, dan juga warnanya. Marmer tidak hanya dapat dipasang di ruang tamu, namun juga ruang tidur, dapur, sampai kamar mandi. Tidak hanya itu, bahan marmer tidak hanya bisa dipakai untuk lantai ataupun dinding tetapi juga countertop dapur.
Asal marmer
Bagaimana marmer itu terbentuk? Sebelum kita mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan batu marmer, sebaiknya Anda juga perlu tahu darimana asalnya marmer. Rupanya bahan ini terbentuk dari batuan kapur atau batuan sedimen dengan kandungan kalsium yang tinggi kemudian terkena panas serta tekanan yang cukup maka akan membuatnya menjadi batuan marmer. Lalu marmer ditambang dalam ukuran yang besar sehingga harus dipotong menjadi blok, lempengan, atau ubin. Tetapi sebelum dipakai untuk menghiasi rumah cantik Anda, potongan tersebut masih harus dipoles rata sampai betul-betul mengkilap.
Marmer sendiri sudah lama dipergunakan sebagai bahan penutup lantai atau dinding rumah di seluruh dunia. Tetapi tidak semua desain rumah cocok memakai batu marmer ini sebab Anda juga harus mempertimbangkan karakteristik rumah secara keseluruhan. Selain itu, karena marmer biasanya berharga mahal dan susah untuk dirawat Anda juga harus betul-betul mempertimbangkan hal ini sebelum memasang marmer. Dan inilah sebetulnya salah satu kekurangan lantai marmer.
Marmer biasanya dipasang pada rumah-rumah mewah. Marmer ini dapat tersedia dalam bentuk potongan-potongan dengan bentuk mozaik berukuran kurang lebih 60 cm sampai dengan lempengan yang belum dipotong sama sekali. Dari lempengan yang belum dipotong itu, Anda bisa meminta ukuran yang diinginkan dan sesuai dengan bangunan rumah Anda. Nah, setelah mengetahui garis besar asal batu marmer dan sebagainya, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari pemasangan marmer di rumah Anda.
Kelebihan dan kekurangan marmer untuk rumah
Kelebihan marmer memang menjadikannya unggulan dibandingkan bahan material lantai lainnya, yaitu:
1.      Desainnya mewah
Tidak bisa dipungkiri bahwa marmer memang memiliki tampilan yang mewah dengan variasi desain bermacam-macam menjadikannya favorit lantai semua orang. Motifnya yang beragam dan tidak sama pada tiap potongannya menjadikan marmer begitu memukau.
2.      Tidak terpengaruh cuaca panas
Batu marmer menyerap panas sehingga memang bahan ini tahan cuaca panas menjadikannya begitu istimewa. Itulah sebabnya kalau Anda masuk ke dalam rumah dengan lantai marmer maka langsung otomatis terasa ‘adem’ alias sejuk dan memberikan kesan yang dingin.
3.      Tidak gampang tergores
Bukan berarti Anda lalu sembarangan tidak merawat marmer setelah tahu bahwa salah satu kelebihannya adalah tak mudah tergores. Tapi memang benar bahwa marmer ini cukup tahan terhadap goresan yang sifatnya ringan. Namun dia bisa tidak tahan dengan benda-benda yang terlalu tajam alias goresan keras.
Setelah Anda mengetahui kelebihan lantai marmer jika dijadikan bahan penutup lantai, maka berikut ini kekurangan dari lantai marmer:
1.      Harganya mahal
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya memang marmer biasanya dipakai pada rumah atau gedung mewah sebab harganya sendiri relatif mahal. Apalagi jika Anda ingin memasang batu marmer yang super langka, maka biayanya bisa makin naik.
2.      Pemasangannya butuh keahlian khusus
Memasang marmer untuk penutup lantai tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan. Harus mereka yang memang punya keahlian khusus alias profesional yang melakukannya karena kalau tidak maka justru marmer bisa salah posisi, tergores, bahkan rusak. Selain itu proses pemasangannya yang hati-hati membuatnya cukup lama.
3.      Mudah terkena noda
Batu marmer mempunyai pori-pori yang membuatnya gampang terkena noda dan harus segera dibersihkan, karena kalau tidak lantai marmer jadi cepat kusam. Bahkan beda jenis marmer maka beda pula cara perawatan dan membersihkannya. Tingkat kesulitan perawatan marmer ini yang menjadikannya begitu rumit. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut, marmer perlu diberi lapisan pelindung sehingga jika ada noda jadi lebih gampang dibersihkan.
4.      Teksturnya licin
Batu marmer memiliki sifat yang halus menjadikannya begitu licin. Kalau tidak hati-hati, maka seperti anak-anak yang suka lari ke sana dan kemari bisa terpeleset. Lalu kalau ada cairan atau air yang tumpah harus segera dikeringkan karena bisa membuat orang jatuh nantinya.

Marmer sendiri perlu dirawat secara rutin dan dibersihkan langsung jika terkena noda dan ketika ingin membersihkan sebaiknya menggunakan obat pembersih khusus lantai marmer dan dengan kain lap yang halus. Jangan membersihkan marmer dengan bahan yang mengandung zat terlalu asam. Itulah tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan marmer yang harus Anda perhatikan sebelum ingin memasangnya di rumah.

No comments:

Post a Comment

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Pabrik Marmer dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak