Cara Merawat Marmer yang Benar Agar Keindahannya Terjaga - Pabrik Marmer, Distributor Marmer, Proses Penambangan Marmer, Cara Pasang Marmer, Merawat Marmer

Thursday, 6 July 2017

Cara Merawat Marmer yang Benar Agar Keindahannya Terjaga

Cara merawat marmer harus dilakukan dengan benar jika Anda tidak ingin merusak lantai dan dinding marmer yang baru saja dipasang. Dengan demikian perawatan yang dilakukan akan dapat menjaga keindahan bahan marmer sehingga tetap terlihat selalu cantik dan seperti baru. Seperti diketahui marmer adalah bahan yang terbuat dari batuan alam, karena itulah Anda tidak dapat merawatnya dengan cara yang biasa karena harus disesuaikan dengan batuan alam yang digunakan untuk melapisi lantai atau dinding tersebut. Jika tidak dirawat dengan benar maka keindahan bahan marmer lama kelamaan akan berkurang bahkan perawatan yang salah justru akan merusak bahan marmer itu sendiri.

Tips dan cara merawat marmer yang benar

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat marmer agar tampilannya dapat selalu terlihat sempurna. Selain itu perawatan yang benar juga akan menjaga keawetan bahan marmer sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat bahan marmer dengan benar:
1.      Lakukan pelapisan ulang
Bahan marmer biasanya akan beri lapisan khusus setelah dipasang pada dinding atau lantai. Seiring dengan berjalannya waktu maka lapisan tersebut akan terkikis dan menghilang. Karena itulah lebih baik untuk melakukan pelapisan ulang pada bahan marmer di rumah Anda yang bisa dilakukan setiap tiga bulan atau setengah tahun sekali. Selain menjaga agar tampilan marmer terlihat mengkilap namun lapisan ini juga berguna untuk melindungi bahan marmer dari noda atau lumut. Karena itulah penting untuk memastikan bahwa bahan marmer memiliki lapisan yang baik sebagai tips cara merawat lantai marmer.
2.      Secepatnya bersihkan cairan yang tumpah
Jika ada cairan yang tumpah ke atas bahan marmer maka lebih baik segera untuk membersihkannya, terutama jika cairan tersebut merupakan cairan berwarna seperti kopi atau teh. Jika Anda menunggu terlalu lama untuk membersihkan cairan tersebut maka dapat masuk ke pori-pori batu sehingga meninggalkan noda yang sulit untuk dibersihkan.
3.      Gunakan tatakan gelas
Jika Anda akan meletakkan gelas pada meja dengan bahan marmer maka harus menggunakan tatakan gelas. Dengan demikian tidak akan ada tanda air bekas gelas yang akan membuat noda pada permukaan meja marmer tersebut. Tidak peduli apakah gelas tersebut panas atau dingin lebih baik melapisinya menggunakan tatakan sebelum ditaruh diatas permukaan dengan bahan marmer.
4.      Gunakan cairan pembersih khusus
Saat ada noda di atas permukaan bahan marmer atau saat Anda ingin mengepel bahan marmer jangan menggunakan cairan pembersih sembarangan. Anda harus menggunakan cairan pembersih untuk marmer yang memang dibuat khusus untuk bahan tersebut. Cairan ini memiliki PH yang netral sehingga tidak akan merusak lapisan bahan marmer maupun batuan marmer itu sendiri sehingga aman digunakan. Jika Anda menggunakan cairan pembersih lantai biasa maka bahan marmer akan rusak bahkan bisa mengakibatkan noda di lantai.
5.      Gunakan alas furniture
Benda yang tajam akan dapat menggores permukaan bahan marmer terutama jika sering dipindah-pindahkan. Salah satu benda yang termasuk tajam adalah ujung kaki furniture apalagi untuk barang yang lumayan berat maka tekanan yang diberikan pada bahan marmer akan lebih besar lagi. Karena itulah gunakan penutup kaki atau berikan alas pada furniture untuk menjaga agar kakinya yang tajam tidak bersentuhan langsung dengan bahan marmer.
6.      Gunakan pengkilap marmer
Untuk membuat bahan marmer agar terlihat lebih mengkilap Anda dapat menggunakan cairan pengkilap marmer yang banyak dijual di pasaran. Cairan ini dibuat khusus untuk menjaga agar marmer tetap mengkilap dan dapat digunakan seminggu sekali. Namun tetap saja suatu saat bahan pelapis marmer yang membuat bahan marmer terlihat mengkilap akan terkikis sehingga Anda harus melakukan pelapisan ulang.
7.      Langsung keringkan
Satu hal yang sering dilakukan orang setelah selesai membersihkan lantai adalah membiarkannya agar kering sendiri. Namun hal ini tidak boleh dilakukan pada bahan marmer karena cairan yang tertinggal dapat masuk ke dalam pori-pori bahan marmer sehingga meninggalkan noda atau menyebabkan tumbuhnya lumut. Karena itulah setelah selesai membersihkan bahan marmer ambillah kain baru yang kering dan langsung lap bahan marmer sampai kering.
8.      Gunakan kain microfiber
Saat Anda belajar cara membersihkan lantai marmer, jangan menggunakan kain sembarangan terutama kain pel yang terbuat dari bahan yang kasar. Anda harus menggunakan kain microfiber yang terbuat dari bahan yang halus. Berbeda dengan kain pel, bahan kain microfiber tidak akan menggores permukaan marmer sehingga aman digunakan untuk membersihkan dan mengeringkan marmer. Ingat saat menggosok bahan marmer harus disesuaikan dengan arah teksturnya sehingga tidak akan merusak permukaannya.

Demikianlah cara merawat marmer yang harus Anda lakukan jika menginginkan bahan marmer agar terlihat selalu cantik dan seperti baru setiap saat.

No comments:

Post a Comment

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Pabrik Marmer dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak