Cara Membersihkan Lantai Marmer Dengan Benar untuk Menjaga Keindahannya - Pabrik Marmer, Distributor Marmer, Proses Penambangan Marmer, Cara Pasang Marmer, Merawat Marmer

Thursday, 6 July 2017

Cara Membersihkan Lantai Marmer Dengan Benar untuk Menjaga Keindahannya

Cara membersihkan lantai marmer tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Lantai marmer merupakan pilihan lantai favorit banyak orang sehingga banyak yang menggunakannya. Selain kuat dan tahan lama, namun lantai marmer juga memiliki berbagai warna yang menarik. Tidak heran banyak yang ingin menggunakan bahan marmer sebagai material untuk ubin lantai rumah mereka. Belum lagi motif marmer memang sangat menarik untuk dipandang. Namun jangan lupa untuk membersihkannya perlu dilakukan dengan hati-hati karena material ini dapat tergores dan rusak jika dibersihkan dengan sembarangan. Dengan berhati-hati saat membersihkan lantai marmer Anda akan tetap dapat menjaga keindahan lantai rumah yang terbuat dari bahan marmer agar tetap terlihat baru dan menarik.

Cara membersihkan lantai marmer dengan menggunakan peralatan yang benar

Jangan lupa sebelum membersihkan lantai marmer, Anda perlu menggunakan peralatan yang benar. Salah-salah peralatan yang digunakan bukannya membersihkan lantai marmer tetapi malah dapat menggores permukaan marmer tersebut. Menggunakan peralatan yang benar juga merupakan salah satu tips cara merawat lantai marmer yang perlu diketahui. Inilah peralatan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan lantai dari bahan marmer:
1.      Kain lap dari bahan microfiber
Meskipun terlihat sepele, namun kain yang Anda gunakan untuk mengelap lantai marmer tidak boleh sembarangan. Kain tersebut harus terbuat dari bahan microfiber yang memiliki serat yang sangat lembut dan halus. Dengan demikian kain lap tidak akan menggores permukaan lantai marmer.
2.      Cairan khusus untuk membersihkan marmer
Cairan yang digunakan untuk membersihkannya juga tidak boleh sembarangan. Anda harus menggunakan cairan pembersih lantai marmer yang khusus dibuat untuk membersihkan material marmer. Cairan pembersih ini biasanya memiliki PH yang seimbang atau netral.
3.      Gunakan lapisan pelindung
Setelah lantai marmer bersih, jangan lupa untuk menambahkan lapisan pelindung atau sealer yang dapat melindungi permukaan lantai marmer. Dengan adanya lapisan pelindung ini maka lantai marmer tidak akan mudah tergores serta noda tidak akan mudah meresap ke permukaan lantai marmer.

Peralatan yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan lantai marmer

Selain daftar peralatan yang sebaiknya digunakan untuk membersihkan lantai marmer diatas, Anda juga perlu mengetahui apa saja peralatan yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan lantai marmer. Peralatan-peralatan berikut ini akan dapat merusak marmer meskipun sebenarnya peralatan ini merupakan peralatan yang sering digunakan untuk membersihkan lantai dengan bahan ubin biasa. Berikut adalah peralatan yang pantang untuk digunakan saat belajar cara membersihkan marmer yang kusam:
1.      Penyedot debu
Mungkin Anda sering sekali menggunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai rumah yang kotor. Namun ingat penyedot debut tidak boleh digunakan untuk membersihkan lantai rumah dengan bahan dari marmer. Alasannya adalah penyedot tersebut akan dapat menggores permukaan marmer sehingga merusaknya. Belum lagi roda dari penyedot debu yang ditarik di atas lantai marmer dapat membuat goresan ke permukaan lantai.
2.      Kain lap dari bahan yang kasar
Mungkin Anda sering menggunakan kain lap dari bahan yang sembarangan dan kasar untuk membersihkan lantai. Namun khusus untuk lantai dari bahan marmer hal ini tidak boleh dilakukan karena kain lap dari bahan yang kasar tersebut dapat menggores permukaan marmer.
3.      Deterjen pembersih lantai
Banyak sekali cairan pembersih lantai yang beredar di pasaran mengandung deterjen yang sangat tinggi. Deterjen ini memiliki PH yang asam sehingga dapat merusak permukaan lantai marmer. Karena itulah jangan menggunakan cairan pembersih lantai biasa untuk membersihkan lantai marmer.
Jika memang Anda tidak dapat menemukan cairan khusus untuk membersihkan marmer maka lebih baik menggunakan cairan pencuci piring dibandingkan menggunakan carian pembersih lantai. Cairan pencuci piring lebih ringan sehingga tidak akan merusak lantai marmer.

Langkah untuk membersihkan lantai marmer

1.      Semprot lantai marmer menggunakan cairan khusus untuk membersihkan lantai marmer.
2.      Gunakan lap dari bahan microfiber untuk membersihkan lantai marmer.
3.      Saat mengelapnya arah pengelapan harus mengikuti arah dari pola marmer itu sendiri agar tidak merusak dan menggores permukaan marmer. Jika tergores maka pola alami dari bahan marmer akan rusak sehingga tidak indah lagi.
4.  Saat mengelap lakukanlah gerakan dengan lembut sehingga dapat menjaga kondisi material marmer agar tetap mengkilat dan cantik.
5.  Gunakan lap baru yang masih kering untuk menggeringkan lantai marmer segera setelah membersihkannya. Jangan dibiarkan dalam keadaan basah terlalu lama karena dapat masuk ke pori-pori dari batu marmer.
6.      Anda dapat membersihkan lantai marmer setiap dua hari atau pada saat diperlukan saja untuk menjaga kondisinya tetap baik.
Demikianlah cara membersihkan lantai marmer dengan langkah dan peralatan yang benar. Jangan sampai salah langkah atau bahkan menggunakan peralatan yang tidak benar karena akan dapat merusak permukaan lantai marmer dan mengurangi keindahannya.

No comments:

Post a Comment

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Pabrik Marmer dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak