Cara Pasang Marmer Lantai dengan Langkah yang Benar - Pabrik Marmer, Distributor Marmer, Proses Penambangan Marmer, Cara Pasang Marmer, Merawat Marmer

Thursday, 6 July 2017

Cara Pasang Marmer Lantai dengan Langkah yang Benar

Cara pasang marmer lantai banyak yang mencari tahu karena jenis lantai yang menggunakan marmer memang lebih menarik. Selain itu lantai marmer juga lebih kuat dan tahan lama dibandingan material lantai lainnya. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai pemasangan marmer sistem kering.

Langkah-langkah untuk melakukan cara pasang marmer lantai

Sebelum memasang ubin, pastikan semua peralatan sudah tersedia, termasuk peralatan keamanan seperti sarung tangan, kacamata pelindung dan masker. Selanjutnya Anda baru bisa memasang ubin marmer tersebut.
1.      Bersihkan lantai
Sebelum dipasangi ubin marmer, lantai terlebih dahulu harus bersih agar pemasangan dapat dilakukan dengan sempurna. Bersihkan lantai kemudian tunggu sampai semuanya kering, jangan memasang ubin marmer pada lantai yang masih basah.
2.      Cek kerataan lantai
Pakailah alat untuk mengukur kerataan lantai agar dapat memastikan lantai tersebut benar-benar rata sebelum dilakukan pemasangan ubin marmer. Perlu diketahui bahwa ubin marmer merupakan material yang sensitif, sehingga pemasangannya harus dilakukan pada permukaan yang rata agar tidak gampang retak atau pecah.
3.      Cek ubin marmer
Jangan lupa bahwa sebelum ubin marmer itu dipasang, Anda juga perlu mengecek ubin marmernya sendiri. Jangan sampai pemasangan marmer pada dinding atau lantai dilakukan menggunakan marmer yang retak karena akan gampang sekali menjadi pecah. Pada beberapa toko bangunan biasanya ada garansi untuk mengganti ubin marmer yang retak sebelum dipasang, jadi Anda bisa menukarkan ubin marmer tersebut dengan yang baru.
4.      Gambar pola
Anda harus merencanakan pola pemasangan ubin marmer tersebut sehingga proses pemasangan dapat dilakukan dengan cepat. Gambar pola pada kertas dengan skala yang tepat untuk perencanaannya, baru kemudian gambar pola tersebut pada lantai yang sebenarnya. Usahakan pola dibuat menggunakan ubin marmer yang utuh agar pemasangan jauh lebih mudah. Jika memang perlu dilakukan pemotongan ubin marmer, maka jangan sampai ukuran lebarnya kurang dari 5 centimeter.
5.      Cari titik tengah pola di lantai
Setelah selesai menggambar pola di kertas sekarang saatnya untuk menuangkan pola gambar tersebut ke lantai yang sebenarnya. Namun untuk melakukannya, Anda harus mencari titik tengah pola di lantai agar pola yang Anda buat tadi seimbang dan tidak miring ke kanan atau ke kiri.
Untuk melakukannya Anda dapat mengukur dinding yang berada di sisi lantai dan cari titik tengahnya. Kemudian buatlah titik dengan pensil untuk menandainya, lakukan hal ini di ke empat dinding yang berada di sisi lantai. Ambil 1 utas tali berkapur dan kaitkan ujungnya pada satu titik yang sudah ditandai tadi dengan paku kecil, kemudian ujung satunya kaitkan ke titik pada dinding yang berseberangan dengan paku kecil. Lakukanlah hal yang sama pada sisi yang belum diberi tali. Tarik tali tersebut ke atas dan lepaskan maka Anda akan melihat garis kapur lurus di lantai. Titik persimpangan kedua garis kapur tersebut adalah titik tengah dari lantai yang Anda cari.
6.      Tuangkan pola di lantai
Setelah menemukan titik tengah lantai, Anda dapat mulai menuangkan pola yang sudah Anda gambar di kertas tadi ke lantai yang sebenarnya. Gunakan tali berkapur tadi untuk membuat gambar yang lurus.
7.      Lapisi plester perekat
Setelah menuangkan pola ubin yang Anda inginkan di lantai, sekarang Anda tinggal melakukan pemasangan marmer ke lantai tersebut. Yang perlu dilakukan adalah melapisi lantai tersebut untuk satu pola dengan plester perekat. Jangan lupa gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.
Alat yang Anda butuhkan adalah roskam bertakik yang dapat digunakan untuk menggambar garis lubang di lantai dengan ujung takiknya. Pastikan ketebalan plester perekat cukup sehingga garis lubang tidak akan menyentuh lantai namun juga jangan terlalu tebal. Pastikan juga plester perekat rata agar hasil ubinya rata. Jenis marmer tertentu memerlukan plester perekat yang berbeda, sehingga pastikan Anda menggunakan plester yang sesuai dengan jenis marmer yang digunakan.
8.      Pasang marmer
Pemasangan ubin marmer harus dilakukan dalam waktu sepuluh menit dari waktu Anda melapisi lantai menggunakan plester perekat. Karena itulah lebih baik pemasangan plester perekat dan pemasangan marmer dilakukan satu persatu.
9.      Pemisah marmer
Jangan lupa untuk memberikan jarak tertentu antar marmer dengan menggunakan pemisah ubin sebagai alatnya. Dengan alat ini ubin marmer akan terpasang dengan jarak yang rata sehingga polanya terlihat lebih menarik.
10.  Biarkan kering dan beri lapisan.
Anda perlu membiarkan ubin marmer setidaknya selama sehari atau dua hari agar plester perekat benar-benar kering. Jika ingin diberi lapisan harus dilakukan setelah kering.
11.  Isi celah pemisah
Setelah kering isi celah yang ada di jarak yang tadi sudah dibuat dengan menggunakan nat. Biarkan nat kering kemudian baru lapisi sekali lagi dengan bahan pelapis nat.

Demikianlah cara pasang marmer lantai yang benar semoga dapat membantu Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai proses tersebut.

No comments:

Post a Comment

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Pabrik Marmer dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak