7 Contoh Batu Nisan Marmer Model Variatif - Pabrik Marmer, Distributor Marmer, Proses Penambangan Marmer, Cara Pasang Marmer, Merawat Marmer

Wednesday 5 July 2017

7 Contoh Batu Nisan Marmer Model Variatif

Contoh batu nisan marmer menjadi bukti bahwa batuan alam tersebut tidak hanya digunakan pada desain lantai, dinding, atau dekorasi rumah. Marmer memiliki warna-warna yang cantik dengan tekstur batuan keras serta awet sehingga tidak heran kalau produsen batu nisan juga memakainya sebagai salah satu material bahan pembuatan batu marmer nisan. Marmer sendiri merupakan salah satu jenis batuan malihan atau metarmof yang berasal dari batuan gamping atau batuan kapur yang bermetamorfosis dan melalui proses yang cukup lama sebelum akhirnya ditambang dan diproduksi untuk keperluan batu nisan. Jika Anda saat ini sedang mencari berbagai macam model batu nisan yang terbuat dari bahan marmer, maka berikut kami berikan beberapa contohnya.
Berbagai macam contoh batu nisan marmer
Marmer merupakan jenis batu alam yang tahan lama dan awet sampai bertahun-tahun, marmer tidak mudah rusak dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai bahan pembuat batu nisan. Berikut ini contoh model batu nisan marmer yang sering beredar:
1.      Batu nisan marmer kotak
Model pertama adalah batu nisan marmer kotak dimana biasanya harganya relatif murah dibandingkan model nisan lainnya. Model batu nisan ini berbentuk kotak tebal dan memberikan kesan mewah serta elegan juga berwibawa. Batu nisan ini hanya ditempatkan di bagian kepala makam sedangkan bagian lainnya terdiri dari bangunan batu bata dan semen kemudian dilapisi keramik. Salah satu warna marmer yang sering dipakai adalah warna marmer gelap seperti hitam dengan tulisan nama, tanggal lahir, serta tanggal wafat berwarna keemasan.
2.      Batu makam mataraman jenis tumpuk
Makam jenis ini tidak hanya terdiri dari batu nisan yang diletakkan di bagian kepala, namun seluruh badan makam terbuat dari marmer dengan dasarnya menumpuk, meski ada juga yang dasarnya jenis tunggal. Model mataraman jenis tumpuk ini sudah lama sekali digunakan yang biasanya digunakan untuk makam raja-raja Mataram dan sekarang semakin populer.
3.      Batu nisan kembang
Bentuk batu nisan ini agak panjang dengan bagian atasnya seperti kelopak kembang, dan mungkin karena itu diberi nama batu nisan kembang. Di bagian bawahnya seperti ada dudukan yang digunakan untuk menancapkan nisan tersebut nantinya di pemakaman. Sebetulnya tiap pengrajin batu nisan bisa membuat berbagai macam model batu nisan kembang lainnya dan warnanya sendiri rata-rata antara warna marmer putih maupun batu nisan marmer hitam. Batu nisan kembang sendiri sudah lama sekali menjadi tradisi dari sejak jaman mbah buyut.
4.      Kijingan marmer bentuk salib
Model batu nisan marmer dan makam seperti ini biasanya banyak dipesan oleh mereka yang ingin memakamkan orang dengan keyakinan nasrani. Salib sebagai simbol kepercayaan terbuat dari batu marmer yang berwarna baik hitam maupun putih. Model makam dan batu nisan ini lengkap dengan batu nisan untuk bagian kepalanya juga. Bahkan terkadang bagian batu nisannya diberi tulisan berupa ayat-ayat kita suci.
5.      Batu nisan model Eropa
Kebanyakan orang yang memesan batu nisan model Eropa dari batuan marmer seperti ini adalah mereka yang tinggal di Timor Leste. Modelnya bisa bervariasi, tapi rata-rata terbuat dari batuan berkualitas serta marmer yang elegan. Di Timor Leste sendiri batu makam seperti ini sering disebut sebagai Tombstone.
6.      Batu nisan teraso dan marmer
Batu nisan teraso ini tidak seluruh badanya terbuat dari batuan marmer. Batu nisan teraso sendiri banyak ditemukan di berbagai macam pemakaman umum dan terbuat dari teraso yang diberi kotak plat di bagian tengah baru terbuat dari material marmer. Kotak plat tersebut nantinya yang akan ditulisi nama dan tanggal mereka yang meninggal. Untuk keseragaman dan kerapian pemakaman, batu seperti ini banyak dipesan.
7.      Batu nisan marmer ukir
Saat ini banyak sekali kreasi model nisan dan salah satunya adalah contoh batu nisan marmer ukir. Memang batu nisan marmer seperti ini antara pengrajin batu nisa satu dengan lainnya bisa berbeda-beda, namun yang menarik adalah batuan ini diukir sendiri oleh pengrajinnya sehingga kelihatan sangat unik dan menarik. Ukirannya begitu dalam menjadikan batu marmer semakin kelihatan mewah sekaligus tradisional. Ada juga pengrajin yang membuat ukirannya seperti ukiran mahkota dan dibedakan antara pemakaman untuk pria dengan wanita dimana ukiran mahkota lancip untuk nisan pria sedangkan batu nisan dengan ujung tumpul untuk pemakaman wanita.
Itulah tadi beberapa contoh batu nisan marmer yang mungkin bisa menjadi informasi berguna bagi Anda sekalian. Masih banyak sekali model-model batu nisan yang terbuat dari marmer dan bervariasi dan bahkan tergantung di daerah mana Anda membeli karena semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Yang paling penting batuan marmer memang sengaja digunakan sebab memiliki banyak keunggulan mulai dari tingkat keawetan, tekstur, warna, kekerasannya, serta harganya yang variatif.

No comments:

Post a Comment

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Pabrik Marmer dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



Popular Posts

Hubungi kami